Official Website Badan Pengelola Keuangan Daerah :: generosity is giving more than you can and pride is taking less than you need ( khalil gibran )

Struktur Organisasi

 

 

 

 

 


URAIAN TUGAS 



  • BIDANG SEKRETARIAT
    1. Memimpin pelaksanaan tugas Sekretaris
    2. Mengkoordinasikan penyusunan konsep Rencana Strategis (Rstra) dan Rencana Kerja (Renja) Badan
    3. Mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja,penyelenggaraan kegiatan dan penyusunan laporan sekretariat dan bidang-bidang dalam lingkup Badan.
    4. Menyelanggarakan kegiatan kesekretariatan di lingkungan Badan yang meliputi perencanaan dan pengelolaan administrasi umum, kepegawaian, perlengkapan, keuangan, kearsipan serta kerumahtanggaan.
    5. Menghimpun data,informasi dan dokumentasi sebagai bahan pelaksanaan evaluasi dan laporan.
    6. Mempersiapkan dan mengkoordinasikan penyusunan naskah rancangan produk hukum daerah di bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah.
    7. Mengkoordinasikan materi penyusunan standar operasional prosedur (SOP) dan indikator kinerja badan sesuai standar pelayanan minimal.
    8. Mengkoordinasikan penyusunan RKA dan DPA Badan
    9. Menyusun laporan dann pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan sekretariat
    10. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.
  • BIDANG ANGGARAN
    1. Memimpin pelaksanaan tugas Bidang Anggaran yang meliputi Sub Bidang Penyusunan Anggaran Anggaran, Pertombangan dan Transfer serta Sub Bidang Analisa kebijakan Keuangan dan Administrasi
    2. Meyusun usulan konsep Rencana Strategi ( Restra) Bidang Anggaran.
    3. Merumusakan kebijakan dan petunjuk teknis di Bidang Anggaran
    4. Menyusun materi Rencana APBD, Perubahan APBD dan nota Keuangan
    5. Menyiapkan materi dan menyusun konsep kebijakan serta pedoman pelaksanaan APBD
    6. Melaksanakan perencanaan pinjaman dan pemberian pinjaman atas nama Pemerintah Daerah
    7. Melaksanakan kajian kebijakan Anggaran atas rencana pinjaman, obligasi Daerah dan pembentukan Badan Layanan Umum daerah (BLUD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)
    8. Melaksanakan Koordinasi dengan lembaga keuangan lainnya dalam hal penerimaan dana pertimbangan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi serta dana bantuan lainnya.
    9. Mengkoordinasikan, pengelolaan data dasar perhitungan alokasi dana Pertimbangan baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi serta dana bantuan lainnya.
    10. Melaksanakan pengendalian anggaran dalam rangka penyediaan penganggaran kas
    11. Mengkoordinasikan bidang tugas anggaran dengan  semua instansi Pemerintah ataupun terkait untuk kelancaran pelaksanaan anggaran
    12. Menyiapkan materi penyusunan stanar operasional Prosedur (SOP) dan indikator kinerja Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah sesuai dengan standar pelayanan  Minimal (SPM)
    13. Menyusun laporan dan pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan bidang anggaran
    14. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya sesuai dengan  bidang tugasnya
  • BIDANG PERBENDAHARAAN
    1. Memimpin Pelaksanaan tugas bidang perbendaharaan yang meliputi Sub Bidang Belanja Daerah dan Sub Bidang Kas Daerah.
    2. Menyusun usulan konsep Rencana strategi (Restra) dan rencana Kerja ( Renja) bidang Perbendaharaan.
    3. Merumuskan kebijakan teknis bidang perbendaharaan
    4. Melaksanakan pembinaan tata administrasi penatausahaan Keuangan Daerah
    5. Meneliti usulan penunjukan Bendahara Pengeluaran, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran Pembantu, Bendahara Penerimaan Pembantu dan Bendahara Pengeluaran Khusus beserta atasan langsungnya yang diusulkan oleh Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD)
    6. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas perbendaharaan dengan semua instansi pemerintah dan unit kerja terkait;
    7. Melaksanakan fungsi Kuasa Bendahara Umum Daerah (Kuasa BUD)
    8. Melakukan Pemeriksaaan terhadap Surat Pemerintah Membayar;
    9. Menerbitkan Surat Pemerintah Pencairan Dana (SP2D)
    10. Melaksanakan penempatan uang daerah pada Bank atau lembaga Keuangan Pemerintah yang ditunjuk;
    11. Melaksanakan pengawasan, pengendalian, pembinaan dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan dibidang akuntansi dan perbendaharaan;
    12. Menyiapkan materi penyusunan Standar Operasional prosedur (SOP) dan indikator kinerja Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah sesuai dengan Standar pelayanan minimal;
    13. Menyusun laporan dan pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan Bidang Perbendaharaan;
    14. Mengkoordinasikan pengadministrasian Tuntutan perbendaharaan dan Tuntutan ganti Rugi (TPTGR) keuangan daerah;
    15. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.
  • BIDANG AKUNTANSI & PELAPORAN
    1. Memimpin pelaksanaan tugas Bidang Akuntansi dan Pelaporan yang meliputi Sub Bidang Akuntansi dan Sub Bidang Pelaporan
    2. Menyusun usulan konsep Rencana Strategis (Renstra) Bidang Akuntansi dan pelaporan.
    3. Menyusun usulan rencana kerja dan kegiatan di bidang Akuntansi dan Pelaporan
    4. Mengoordinasikan pelaksanaan dan pengendalian kegiatan penyusunan rencana kerja dan program kerja bidang akuntansi
    5. Mengoordinasikan pengadministrasikan tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti rugi (TPTGR) keuangan daerah
    6. Menyusun rancangan regulasi, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan akuntansi Pemerintah daerah dan akuntansi satuan kerja perangkat daerah
    7. Melaksanakan pembinaan kepada unit kerja dalam rangka pelaksanaan akuntansi Pemerintah daerah maupun akuntansi satuan kerja perangkat daerah (SKPD)
    8. Melaksanakan Koordinasi dengan unit kerja terkait sesuai dengan tugasnya dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas
    9. Melaksanakan verifikasi atas SP2D yang telah terbit sesuai dengan ketentuan yang berlaku
    10. Melaksanakan pembukuan dan pelaporan keuangan daerah dalam rangka pertanggung jawaban pelaksanaan pendapatan dan belanja daerah
    11. Menghimpun dan mengolah data pengelolaan keuangan daerah
    12. Melaksanakan penatausahaan pembukuan keuangan pemerintah daerah
    13. Menyusun laporan keuangan daerah
    14. Mengarsipkan bahan dalam rangka penyusunan laporan berkala tentang laporan keuangan daerah
    15. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.
  • BIDANG ANALISA KEBUTUHAN ASET
    1. Memimpin pelaksanaan tugas Bidang Analisa Kebutuhan Aset yang meliputi Sub Bidang Penilaian Aset dan Standarisasi Aset serta Sub Bidang Pengaman Aset
    2. Menyusun usulan konsep rencana, program kerja, dan kegiatan dibidang analisa kebutuhan aset,
    3. Menyusun usulan rencana, program kerja, dan kegiatan dibidang analisa kebutuhan aset
    4. Mengoordinasikan pelaksanaan dan pengendaliankegiatan penyusunan rencana dan program kerja bidang kekayaan daerah
    5. Menyususn pedoman dan petunjuk teknis bahan lainnya yang berhubungan dengan kekayaan daerah
    6. Menyusun rencana dan program kerja serta penyiapan petunjuk teknis dan pedoman barang milik daerah, administrasi umum yang meliputi perencanaan kebutuhan dan pengadaan, penyimpanan dan penyaluran, penggunaan dan pemanfaatan seerta infentarisasi.
    7. Mempersiapkan rancangan pedoman pengelola barang milik daerah
    8. Mempersiapkan penyusunan dan penganalisaan data kebutuhan perlengkapan dan pengadaan barang serta rencana tahunan barang daerah (RTBD)
    9. Menyusun standarisasi sarana dan prasarana pemerintah daerah serta standarisasi barang dan jasa
    10. Menyusun dan menyampaikan laporan barang pengguna sementara (LBPS) dan laporan barang pengguna tahunan (LBPT) yang berada dalam penguasaannya kepada pemegang kekuasaan pengelolaan barang milik daerah
    11. Menyusun mekanisme penggunaan dan pemanfaatan barang milik daerah sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku
    12. Melaksanakan penyimpanan dan penyaluran barang milik daerah atau barang lainnya dari perolehan yang sah
    13. Melaksanakan kebijakan dan pedoman serta penghapusan barang milik daerah
    14. Mempersiapkan administrasi pelaksanaan penghapusan atau pemindahtanganan barang milik daerah yang telah disetujui oleh Bupati dan atau DPRD sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku
    15. Melaksanakan pembinaan dan penyiapan petunjuk teknis pengawasan, pengendalian dan evaluasi
    16. Melaksanakan inventarisasi dan penilaian barang daerah serta barang lainnya dari perolehan yang sah
    17. Melaksanakan pengamanan dan pemeliharaan barang milik daerah dan barang lainnya dari perolehan yang sah
    18. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.
  • BIDANG INVENTARISASI DAN PEMANFAATAN ASET
    1. Memimpin pelaksanaan tugas bidang Inventarisasi dan Pemanfaatan Aset yang meliputi sub bidang Inventarisasi dan mutasi Aset serta sub bidang Pemanfaatan dan Penghapusan Aset
    2. Menyusun usulan rencana, program kerja, dan kegiatan dibidang Inventarisasi dan Pemanfaatan Aset
    3. Menyusun usulan rencana, program kerja, dan kegiatan dibidang Inventarisasi dan Pemanfaatan Aset
    4. Menghimpun memeriksa dan membuat laporan keadaan barang milik daerah yang disiapkan untuk dimanfaatkan, dihapus, dipindah tangankan, dan diasuransikan
    5. Menerima barang dan melakukan penyimpanan
    6. Melaksanakan tugas-tugas kedinasan lainnya sesuai dengan bidang tugasnya.